1) Arti sempit: berasal dari kata
Administratie (bhs. BELANDA ), yang meliputi kegiatan:
catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dsb, yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari Administrasi, Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. Administrasi dalam arti sempit lebih tepat disebut tatausaha (clerical work, office work). Kegiatan tatausaha dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu:
catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dsb, yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari Administrasi, Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. Administrasi dalam arti sempit lebih tepat disebut tatausaha (clerical work, office work). Kegiatan tatausaha dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu:
1. Korespondensi
(correspondence) atau surat-menyurat yaitu rangkaian aktivitas yang berkenaan
dengan pengiriman informasi secara tertulis mulai dari penyusunan, penulisan
sampai dengan pengiriman informasi hingga sampai kepada pihak yang dituju.
2. Ekspedisi
(expedition), yaitu aktivitas mencatat setiap informasi yang dikirim atau
diterima, baik untuk kepentingan intern maupun ekstern.
3. Pengarsipan
(filing), yaitu suatu proses pengaturan dan penyimpanan informasi secara
sistematis sehingga dapat dengan mudah dan cepat ditemukan setiap diperlukan.
2) Arti luas: berasal dari kata Administration (bhs. INGGRIS).
Sesungguhnya istilah administrasi
berhubungan dengan kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia atau sekelompok
orang hingga tercapai tujuan yang diinginkan. Kerja sama adalah rangkaian
kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, teratur dan
terarah berdasarkan pembagian tugas sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun
ilmu yang mempelajari fenomena kerja sama yang bersifat kooperatif dan
terorganisasi untuk mencapai tujuan adalah ilmu administrasi.
Tidak semua kegiatan kerjasama yang
dilakukan oleh sekelompok orang disebut administrasi. Adakalanya terdapat
sekelompok orang yang ingin mencapai tujuan, tetapi kegiatannya tidak
berdasarkan kerja sama yang teratur, tidak dapat disebut administrasi.
Sebaliknya sekelompok orang yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan,
tetapi kelompok orang, pembagian tugas serta tujuan yang akan dicapai dan cara
utnuk mencapai tujuan tidak tersusun secara sistematis juga tidak dapat disebut
sebagai administrasi. Yang dapat dikategorikan sebagai administrasi adalah
kerja sama yang diorganisasi atau kerja sama keorganisasian (organizational
cooperation). Berdasarkan uraian di atas dapat dirinci beberapa ciri pokok
untuk disebut sebagai administrasi, yaitu:
1. Sekelompok orang; artinya
kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dilakukan lebih dari satu
orang.
2. Kerja sama; artinya kegiatan
administrasi hanya mungkin terjadi jika dua orang atau lebih bekerja sama.
3. Pembagian tugas; artinya kegiatan
administrasi bukan sekadar kegiatan kerja sama, melainkan kerja sama tersebut
harus didasarkan pada pembagian kerja yang jelas.
4. Kegiatan yang runtut dalam suatu
proses; artinya kegiatan administrasi berlangsung dalam tahapan-tahapan
tertentu secara berkesinambungan.
5. Tujuan; artinya sesuatu yang
diinginkan untuk dicapai memlalui kegiatan kerja sama.
Jika disederhanakan, maka ciri pokok
untuk dapat disebut sebagai administrasi , adalah;
1. Kerja sama dilakukan oleh
sekelompok orang.
2. Kerja sama dilakukan berdasarkan
pembagian kerja secara terstruktur.
3. Kerja sama dimaksudkan untuk
mencapai tujuan.
4. Untuk mencapai tujuan
memanfaatkan sumberdaya-sumberdaya.
Dengan demikian dapat dirumuskan
suatu batasan tentang administrasi yaitu kegiatan kerja sama yang dilakukan
sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam
struktur dengan mendayagunakan sumberdaya-sumberdaya untuk mencapai tujuan
secara efektif dan efisien.
a).Leonard D.White: Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar dan kecil.
b).H.A Simon: Administrasi adalah kegiatan dari kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama.
c). William H. Newman: Administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan atas usaha-usaha kelompok individu, terhadap tercapainya tujuan bersama
Cr : http://edimansure.blogspot.com/2013/02/administrasi-dalam-arti-sempit-dan-luas.html
0 komentar:
Posting Komentar