|
|
|
Customer Service merupakan bagian
penting dari perusahaan percetakan. Hal ini
dikarenakan perkembangan atau kemajuan suatu usaha jasa
percetakan tidak hanya bergantung pada kualitas produknya saja, akan
tetapi juga sangat bergantung pada bagaimana perusahaan tersebut
berkomunikasi secara baik dengan pelanggan. Sehingga, hubungan kerja sama dengan
pelanggan dapat tetap terjalin dengan baik dan berkesinambungan.
Customer
Service Representative (CSR) bertanggung jawab untuk membangun dan
mempertahankan hubungan-hubungan yang menguntungkan dengan para
pelanggan atas nama perusahaan dengan memberikan tanggung jawab secara
pribadi dan sepenuhnya untuk tiap-tiap customer dan dengan memastikan bahwa
semua persyaratan customer sepenuhnya terpenuhi. Jadi, CSR mempunyai tanggung
jawab utama untuk memastikan bahwa kebutuhan customer sesuai dan terpenuhi.
Sebagai
seorang Customer Service Representasi (CSR), Anda bertindak sebagai wakil
utama dari perusahaan Anda. Berikan kesan kepada customer bahwa Anda memiliki
keahlian dalam jasa pencetakan dan kemampuan-kemampuan pendukung lainnya, dan
Anda bertindak sebagai kunci untuk membentuk komunitas dari customer-customer
Anda. CSR juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan keinginan pelanggan
kepada tim produksi, sesuai dengan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur
yang berlaku di dalam perusahaan bersangkutan.
Sebagai
CSR Anda berhubungan langsung dengan anggota Sales dari Marketing Team.
Menjadi tanggung jawab CSR untuk mengadakan pertemuan bulanan, triwulan, dan
mengusulkan sasaran pendapatan dan penjualan tahunan dari perusahaan.
Penjualan dan strategi atau aktivitas pemasaran dari tim Anda akan dirancang
untuk mencapai sasaran pendapatan ini.
Hal
ini pada gilirannya menjadi sangat penting dalam menentukan semua sasaran
perusahaan, seperti:
- Memberikan kepuasan dan mendapat penilaian
baik dari customer.
- Berperan dalam terciptanya lingkungan kerja yang
membantu perkembangan rasa bangga dalam menjadi bagian kemajuan keseluruhan
staf.
- Memelihara produktivitas dan standar mutu pribadi yang
memungkinkan perolehan penaghasilan keuangan yang menarik, sehingga perusahaan
diharapkan terus memberi pelayanan yang prima kepada para customer
serta memberi kepastian dan perkembangan karir bagi para staf.
Anda
dan tim bertanggung jawab untuk mendukung visi dan misi perusahaan, sebab
anda akan selalu berhubungan dengan pelangggan lama dan calon customer Anda,
dan Anda memiliki posisi yang kuat untuik mempengaruhi kepuasan mereka
dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Posisi ini memerlukan
kebijaksanaan, kepekaan, dan profesionalisme
TANGGUNG
JAWAB DAN KEWAJIBAN
Umum dan Administratif
- Berkomunikasi secara efektif dengan General
Manager atau Owner, Sales Team, dan Production Team menginformasikan dan
meng-update secara teratur tanggung jawab dan kewajiban untuk menjamin bahwa
sasaran hasil penjualan dan pemenuhan kebutuhan customer mendapat
titik temu.
- Menyusun dan memelihara kertas kerja yang
diperlukan, seperti catatan-catatan, dokumen-dokumen dan lain sebagainya.
- Mengambil bagian sebagai pemain kunci tim dengan
menunjang operasi-operasi sebagaimana yang diperlukan.
- Memelihara standar-standar kerja di
masing–masing bagian.
Customer Service
-
Menjawab dan menyapa sewajarnya serta membantu setiap customer dengan
cara yang tepat dan dalam waktu cepat.
-
Memproses pesanan-pesanan customer dengan ramah,efisien,dan tepat waktu.
-
Mengatur alur kerja untuk memenuhi deadline customer.
- Mempresentasikan dan mendiskusikan secara efektif
produk-produk dan layanan-layanan perusahaan. Presentasi diberikan
berdasarkan permintaan dan yang menginginkan produk-produk/layanan-layanan
yang disediakan oleh perusahaan, baik kepada customer lama dan calon customer
dengan cara menyampaikan suatu gambaran mutu, integritas dan pemahaman yang
lebih tinggi, serta pengiriman kebutuhan pelanggan.
- Menangani panggilan-pangggilan telepon secara
profesional, efisien, dan dengan cara berkomunikasi yang baik.
- Memberi perhatian atas pertanyaan-partanyaan dan
keluhan pelanggan dengan segera serta memberikan jalan keluar yang
memuaskan.
- Memahami dan secara tepat menggunakan/menerapkan
sistem harga dan kebijakan-kebijakan perusahaan.
- Meninjau ulang perkiraan-perkiraan yang ada
berdasarkan faktur-faktur untuk ketepatannya.
Sales and Marketing
- Mendukung upaya–upaya dari Outside Sales
Representative dengan cara menyelenggarakan presentasi-presentasi berbasis
komunitas, seminar-seminar, dan pendidikan yang dapat meningkatkan
citra perusahaan sebagai leader di dalam industri terkait.
- Mendukung customer sales dalam hal
pelayanan, pendidikan, dan penyelesaian masalah secara efektif dengan
melibatkan anggota-anggota tim sesuai dengan kebutuhan.
- Mendukung rencana penjualan berdasarkan
strategi-strategi pemasaran dari tim sales, dan memfasilitasi kunjungan
bersama dengan tenaga pemasaran ke tempat customer.
Sebuah
perusahaan percetakan seharusnya menjadi customer driven dan bukan menjadi
production driven, jadi harus lebih berorientasi pada konsumen bukan
pada produksi.
Cr
: http://www.indonesiaprintmedia.com/manajemen/151-customer-service-representative.html
|
0 komentar:
Posting Komentar